Kesalahan Dalam Menggunakan Sosial Media Dalam Berbisnis

Promosi sering kali dilakukan para pelaku bisnis dengan berbagai cara, seperti iklan, brosur dan memanfaatkan media sosial. Namun apakah kita pernah tersadar akan beberapa Kesalahan Dalam Menggunakan Sosial Media Dalam Berbisnis. Banyak hal bisa membuat promosi di sosial media terkesan tidak menarik dan gagal. Usahakan hindari beberapa kesalahan yang ada.

Kekeliruan dan Kesalahan Dalam Menggunakan Sosial Media Dalam Berbisnis bisa berakibat fatal saat proses promosi berlangsung. Tidak konsisten dalam memberikan informasi akan membuat konsumen berpaling. Sering-seringlah mengupdate informasi di sosial media. Membagikan tips juga gambar informatif yang menarik, lakukanlah secara rutin namun jangan terlalu sering. Bisa kita menetapkan waktu kapan akan melakukan posting. Ada kalanya kita berbicara sendiri tanpa ikut terlibat dalam percakapan. Para konsumen akan menganggap kita sombong. Jadilah komunikatif dan merespon para pelanggan kita. Kemudian, tidak memiliki follower adalah hal buruk dalam proses promosi. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan akun kita kurang populer, atau promosi yang dilakukan tidak menarik. Namun yang lebih penting untuk diperhatikan adalah kita harus menjalin hubungan baik dengan teman di sosial media agar promosi bisa berjalan lancar. 

Kesalahan Dalam Menggunakan Sosial Media Dalam Berbisnis


Memberi informasi memang penting, namun jangan terlalu jelas dalam promosi. Mungkin pernah para pelaku bisnis memberi informasi dengan sangat jelas dan gamblang. Bisa saja kita mengalihkan ke logo atau foto agar pelanggan tertarik untuk bertanya. Ada juga pelaku bisnis  menggunakan fitur autopost di sosial media. Namun ini bukan hal baik untuk berinteraksi dengan pelanggan. Sebaiknya gunakan postingan manual agar lebih dekat dengan para pelanggan. Apabila pelanggan memberikan komentar negatif, banyak pemilik produk akan menghapusnya. Janganlah menghapus komentar-komentar tersebut, karena bisa jadi komentar bertujuan membangun baik itu positif atau negatif. Tetapi dalam berinteraksi, sebisa mungkin menanggapi pelanggan dengan cepat. Usahakan merespon kurang lebih sekitar 30 menit. 

Pelanggan yang memberi respon tentunya akan mengharapkan respon balik dari pemilik produk. Jangan membuat pelanggan menunggu terlalu lama. Yang terakhir, tidak mementingkan laba atau investasi. Perlu digarisbawahi bahwa saat kita mementingkan interaksi di sosial media, keuntungan atau laba sangat perlu untuk diperhatikan. Jika keuntungan yang diperoleh maka usaha promosi bisa dibilang sukses, dan taktik yang diterapkan sudah tepat. Sebaliknya jika tidak ada keuntungan, carilah penyebabnya. Tidak berarti kita berhenti menggunakan media sosial.

Sosial media memiliki peran penting dalam proses promosi. Usahakan untuk menghindari Kesalahan Dalam Menggunakan Sosial Media Dalam Berbisnis, dan beberapa aspek perlu diperhatikan supaya proses promosi berakhir dengan sebuah kesuksesan dalam berbisnis online. Walau begitu, kesalahan bukanlah akhir. Kita harus belajar dari kesalahan dan menjadikannya pembelajaran agar lebih baik lagi.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kesalahan Dalam Menggunakan Sosial Media Dalam Berbisnis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.